Baru seminggu yang lalu, Desa Kuala dasal membuka pelatihan las, kini tak tanggung-tanggung, yaitu sebanyak 3 pelatihan dibuka sekaligus yaitu Pelatihan Membuat Anyaman Manik-Manik, Pelatihan Membuat Anyaman dari Kayu Resam, dan Pelatihan Membuat Anyaman dari Tali Kur di Aula Desa Kuala Dasal (19/12/2017).

Foto Pembukaan Pelatihan Anyaman Tali Kur, Manik-Manik dan Kayu Resam

Dengan peserta masing-masing 10 orang, pelatihan ini sedikitnya sudah memberdayakan 30 orang dari kalangan ibu-ibu, dengan harapan selain menambah kegiatan yang positif, ini juga mampu menambah penghasilan ibu-ibu. Seperti yang disampaikan oleh kepala desa Pran Susanto dalam sambutannya.
“Saya berharap ibu-ibu seluruhnya yang menjadi peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius, karena ketika ilmu ini bisa diterapkan, saya yakin ini bisa menambah penghasilan ibu-ibu. Jadi, jangan siasiakan waktu ibu hanya untuk ngrumpi (dengan sambil bercanda), lakukan kegiatan positif yang bisa menghasilkan” ujar kades.

 

Foto Pelatihan Anyaman dari Tali Kur oleh Ibu-Ibu dalam Pemberdayaan Kelompok Perempuan

Ketiga kegiatan ini didanai dari Dana Desa tahun anggaran 2017, “Kegiatan ini sudah masuk dalam APBDes 2017, jadi ada 4 pelatihan yg kita laksanakan pada tahun ini, termasuk latihan las kemarin dan semua itu berasal dari Dana Desa dan pelatihnya pun kita berdayakan orang desa kita sendiri” ungkap Tarmizi Ketua TPK.

Pelatihan ini disambut antusias seluruh peserta dari 3 dusun itu. Usai pembukaan pelatihan langsung dimulai di ruangan TK yang saat ini kosong karena libur anak sekolah.