Dianggap Menabrak Perencanaan Keuangan Desa, Para Kades Protes Perpres 104 Tahun 2021


PosDesa.com – Gejolak dan isu hangat berjalan di kalangan kepala desa (Kades) dan pemerintah desa (Pemdes). Keresahan tersebut berjalan pascaturunnya Perpres Nomor 104 Tahunan 2021 terkait Rincian APBN 2022.

Perpres tertanggal 29 November 2021 tersebut mengatur rincian Apbdes, khususnya Dana Desa (Dd) yang diakui menabrak platform perencanaan desa yang telah terjadi. Paguyuban Kades, Lurah, dan perangkat desa Kabupaten Purworejo, Jawa Sedang, Polosoro pun mengambil sikap bersama dengan adanya Perpres itu.

“Bagi kita, Perpres tersebut merupakan peraturan yang tidak cukup tepat di sedang keadaan pandemi yang makin mereda. Apalagi pemberian sosial berasal dari pusat, provinsi, dan kabupaten pun dikurangi apalagi dihapus namun BLT DD justru dinaikkan,” kata Sekretaris Generik Polosoro, Dwi Nanto, didalam pernyataan sikap formal, Selasa (14/12).

Tersedia empat poin sikap Polosoro yang disampaikan tak hanya yang udah disebutkan di atas. Poin kedua Perpres Nomor 104 Year 2021 diakui menabrak platform perencanaan desa yang telah terjadi dan munculnya Perpres tiba-tiba mem-by pass seluruh proses.

“Ketiga, Perpres kita anggap mengebiri kewenangan desa di dalam hal kemandirian pengelola Dana Desa, di mana dana desa secara angka konsisten tersedia, namun hanyalah semacam pengalihan berasal dari kesibukan di kementerian. Keempat, tak terhitung desa yang jumlah penduduknya sedikit, bukan akan mampu mencukupi keputusan Perpres ini,” lanjut Kades Krandegan tersebut.

Berasal dari simulasi anggaran yang dibuat para Kades di Kabupaten Purworejo, contohnya di Desa Sruwoh, Kecamatan Butuh. Desa Sruwoh punya jumlah KK 132 bersama dengan DD Rp613 juta.

Jikalau disesuaikan Perpres Nomor 104 Tahunan 2021, 40Prosen DD untuk Blt, maka jumlahnya Rp245.200.000 di dalam satu year atau Rp20.433.333 di dalam sebulan. Terkecuali jumlah BLT yang diterima satu KK sebanyak Rp300.000 per bulan, maka dibutuhkan 69 KK penerima atau bersama kata lain lebih berasal dari 51Prosen keluarga di Desa Sruwoh kudu terima Blt. Padahal belum pasti warga bukan dapat yang perlu dibantu bersama dengan BLT DD sebanyak 51Persen.
Simulasi di Desa Gunungwangi, Kecamatan Kaligesing yang jumlah Kk-Nya sebatas 70, maka hampir seluruh akan terima BLT Dd.

“Terhadap waktu situasi pandemi makin membaik, kok malah BLT DD dinaikkan. Saat bansos berasal dari pusat, provinsi, dan kabupaten mengenai Covid-19 diturunkan lebih-lebih beberapa dihapus. Perpres ini seakan jadi semacam pengalihan dana dan kesibukan kementerian dibebankan ke dana desa,” kata Dwinanto.

Ia mengkhawatirkan, nantinya DD sebatas habis untuk Blt, aktivitas lain layaknya pembangungan dan pemberdayaan rakyat menjadi terganggu. Kecuali Perpres terus dipaksakan, Dwinanto risi akan berlangsung gejolak secara nasional.

Sebagai berita, ayat yang jadi keberatan Pemdes adalah terhadap Pasal 5 Ayat (4) yang berbunyi: dana Desa sebagaimana dimaksud terhadap Ayat (1) huruf b ditentukan pemakaian untuk: a. program pemberian sosial berupa pemberian segera tunai desa paling sedikit 40Prosen (Empat puluh %); b. program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 2ooh (Dua puluh prosen); c. perlindungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) paling sedikit 8Persen (Delapan prosen), berasal dari alokasi Dana Desa tiap-tiap desa; dan d. Program sektor

admin
Author: admin


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Sial Sial
0
Sial
Senang Senang
0
Senang
Culun Culun
0
Culun
Benci Benci
0
Benci
Like Like
0
Like
Kaget Kaget
0
Kaget
Mantap Mantap
0
Mantap
lol lol
0
lol
admin

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pilih Format
Pertanyaan Pribadi
Serangkaian pertanyaan apapun yang anda pikirkan
Kuis Ringan
Serangkaian pertanyaan dengan jawaban benar dan salah yang bertujuan untuk menguji pengetahuan
Polling
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan pendapat
Cerita
Teks Terformat dengan Sematan dan Visual
Daftar
Daftar Klasik
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Buka Daftar
Kirim jawaban Anda sendiri dan pilih jawaban terbaik
Daftar Peringkat
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d blogger menyukai ini: