Kentalnya Tradisi Adat dan Budaya Desa Sirnaresmi Membuat Gus Halim Kagum


PosDesa.com-SUKABUMI- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi( Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar takjub dengan kentalnya tradisi adat serta budaya di Desa Sirnaresmi.

Kelestarian budaya sangat berarti buat terus dilindungi, paling utama dalam mengalami arus globalisasi.

“ Aku sangat tersentuh serta berterima kasih dengan penyambutan yang luar biasa ini. Aku kagum dengan tradisi adat istiadat dan keramahan dan kearifan yang di tunjukan masyarakat desa.

Kelestarian budaya ini yang wajib dipertahankan,” ucapnya dikala mendatangi Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jumat( 14/ 01/ 2022).

Disambut Bu Kades Liawati Suwandri serta Sekdes Vilka Mandala dan ratusan masyarakat desa, Gus Halim disuguhi kesenian tradisional Dog- dog lojor.

Gus Halim nampak tertawa lepas terkesima dengan keramahan masyarakat Desa yang memanglah diketahui menjunjung besar nilai tradisi dengan melestarikan budaya serta kesenian para leluhur.

Gus Halim kemudian menyempatkan diri keliling Desa serta tanpa canggung menyapa serta bercengkrama dengan masyarakat kasepuhan dan memandang langsung kegiatan pertanian yang masih tradisional.

Sekdes Sirnaresmi, Vilka Mandala dalam sambutannya mengantarkan terimakasih atas kunjungan

ke Desa Sirnaresmi.

Baginya, dengan terpilihnya Desa Sirnaresmi selaku posisi peringatan Sewindu UU Desa merupakan wujud apresiasi yang luar biasa dari pemerintah dalam perihal ini Kemendesa PDTT.

“ Terima kasih Pak Menteri ingin berkunjung serta memeringati sewindu di desanya. Sangat terhormat atas dipilihnya desa kami selaku posisi peringatan Sewindu UU Desa,” ucapnya.

Sedangkan itu, masyarakat desa di sela- sela kegiatan pertaniannya sangat bersemangat menyongsong kehadiran Gus Halim. Keramahan pula dialami petani yang jadi posisi kunjungan Mendesa PDTT.

“ Aku kaget, dia dengan ramah menyapa kita yang cuma petani biasa. Aku tidak mengira,” ungkap Pak Asep salah satu petani Kasepuhan Cahaya Formal.

Selaku data, terdapat 3 kawasan kasepuhan yang terletak di Desa Sirnaresmi, ialah kampung adat Kasepuhan Cahaya Formal, Kasepuhan Cipta Mulya serta Kasepuhan Cipta Gelar. Diucap kasepuhan sebab kampung ini mempunyai model kepemimpinan yang berasal dari adat serta Kerutinan orang tua ataupun sesepuh.

Kunjungan Gus Halim ke Desa Sirnaresmi merupakan dalam rangka

memeringati sewindu ataupun 8 tahun lahirnya Undang- Undang( UU) No 6 Tahun 2014( UU Desa). Departemen Desa, Pembangunan Wilayah Tertinggal serta Transmigrasi( Kemendes PDTT) hendak menggelar kegiatan peringatan di Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat( Jabar).

Dalam kunjungan tersebut Gus Halim didampingi Sekjen Taufik Madjid, Dirjen PDP Sugito, Dirjen PEID Harlina Sulistyowati.

 

Sumber : Kemendesa.go.id

admin
Author: admin


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Sial Sial
0
Sial
Senang Senang
0
Senang
Culun Culun
0
Culun
Benci Benci
0
Benci
Like Like
0
Like
Kaget Kaget
0
Kaget
Mantap Mantap
0
Mantap
lol lol
0
lol
admin

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pilih Format
Pertanyaan Pribadi
Serangkaian pertanyaan apapun yang anda pikirkan
Kuis Ringan
Serangkaian pertanyaan dengan jawaban benar dan salah yang bertujuan untuk menguji pengetahuan
Polling
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan pendapat
Cerita
Teks Terformat dengan Sematan dan Visual
Daftar
Daftar Klasik
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Buka Daftar
Kirim jawaban Anda sendiri dan pilih jawaban terbaik
Daftar Peringkat
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d blogger menyukai ini: