SEWINDU UU DESA, GUS HALIM: TAHUN 2021, DANA DESA Bertambah, BEGITU Pula EKONOMI DESA


PosDesa.com – JAKARTA- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar Kembali menegaskan akibat positif dari Undang- undang Desa No 6 tahun 2014 untuk pemerataan ekonomi desa yang berkeadilan.

Meningkatnya pemanfaatan dana desa serta dan sebagian penanda perekonomian tingkat desa mempertegas perihal tersebut.

“ Dana Desa tahun 2021 terdapat kenaikan. Tahun 2020 Rp71 triliun, naik jadi Rp72 triliun pada tahun 2021. Penyerapannya pula bagus, tahun 2021 menggapai 99, 80 persen ataupun setara Rp71, 85 triliun. Dikala yang sama, Begitu pula tingkatan kemiskinan, pemasukan serta tingkatan ketimpangan ekonomi, terdapat progress. Ini modal berarti kita memandang tahun 2022,” tegas nya dikala meninjau persiapan raker di Jajaran Kemendes PDTT, Rabu( 12/ 01/ 2022).

Gus Halim menggambarkan Dana Desa merupakan amanah dari undang- undang sebagaimana diatur dalam Pasal 72 Ayat 2 UU No 6 Tahun 2014. Selaku salah satu dari pemasukan desa, hingga pemerintah pusat berkewajiban mengalokasi Dana Desa dalam Anggaran Pemasukan Belanja Negeri( APBN).

Bagi Gus Halim, kenaikan pemanfaatan Dana Desa telah tentu hendak berakibat pada menaiknya APBdes.

Selaku data, sumber pemasukan Desa berasal dari Pemasukan Asli Desa( PADes), Untuk hasil serta Retribusi, Dana Desa sendiri, Alokasi Dana Desa serta Dorongan Keuangan sampai hibah ataupun sumbangan yang tidak mengikat.

Pada tahun 2014 ataupun saat sebelum terdapat Dana Desa, rata- rata APBDes per desa itu Rp329 juta/ desa. Tahun 2015 dikala Dana Desa dikucurkan langsung melesat jadi Rp701 juta/ desa, apalagi pada tahun 2021, rata- rata APBDes melonjak sampai Rp1, 6 Miliyar/ desa.

” Selama pandemi, APBDes masih bertambah dari total Rp117 triliun pada 2019 jadi Rp121 triliun pada 2021. Dalam perihal ini, pasti yang wajib dicermati merupakan gimana melindungi biar pemanfaatan tersebut senantiasa di koridor yang diharapkan, jadi PR bersama segala elemen bangsa di Indonesia. Dengan anggaran yang bertambah hingga desa bisa meningkatkan mutu serta kesejahteraan masyarakatnya,” katanya

Terpaut penanda tingkatan kemiskinan, pemasukan serta tingkatan ketimpangan ekonomi, Gus Halim mengakui pandemi Covid- 19, sudah berakibat luar biasa pada aspek sosial, ekonomi, serta keuangan tidak hanya akibatnya terhadap aspek kesehatan warga.

Salah satu penanggulangannya merupakan dengan PKTD serta BLT Dana Desa yang ialah program jaring pengaman sosial buat pemulihan ekonomi warga yang terdampak. Selama pandemi Covid- 19, tingkatan pengangguran terbuka di desa senantiasa rendah, serta cuma naik dari 3, 92% jadi 4, 71%. Sementara itu di kota naik dari 6, 29% jadi 8, 98%.

Begitu pula tingkatan kemiskinan di desa apalagi pernah menyusut dari 12, 85% pada 2019 jadi 12, 82% pada 2020, saat sebelum naik sedikit jadi 13, 10% pada 2021. Sementara itu di kota naik terus dari 6, 69% pada 2019 jadi 7, 89% pada 2021.

“ Pemasukan masyarakat desa senantiasa bertambah dari Rp882. 829 perkapita/ bulan jadi Rp 971. 445 perkapita/ bulan.

Sedangkan itu, ketimpangan ekonomi di desa senantiasa terpelihara rendah serta terus menyeluruh, dari indeks Ini 0, 320 pada 2019 jadi 0, 315 pada 2021. Walaupun di tengah badai pandemi, terdapat progres positif,” tegasnya.

Terakhir, Gus Halim mengajak seluruh stakeholder desa buat membagikan yang terbaik untuk desa.

Gus halim pula menghimbau pemakaian Dana Desa di tahun 2022 wajib berguna dalam bentuk nyata buat tingkatkan taraf hidup warga. Alasannya, dana desa mempunyai kemampuan luar biasa lebih dari hanya pembangunan infrastruktur.

“ Buat 2022, harapan aku, pemakaian dana desa telah wajib sanggup memamerkan, menampilkan outcomenya, berbentuk berapa sih masyarakat miskin biasa yang terentaskan, berapa sih persentase perkembangan ekonomi masyarakat desa, berapa persen pengangguran desa bisa tertangani sampai seberapa besar donasi dana desa menahan angka putus sekolah di desa.” pungkasnya.

 

Sumber : Kemendesa.go.id

admin
Author: admin


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Sial Sial
0
Sial
Senang Senang
0
Senang
Culun Culun
0
Culun
Benci Benci
0
Benci
Like Like
0
Like
Kaget Kaget
0
Kaget
Mantap Mantap
0
Mantap
lol lol
0
lol
admin

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pilih Format
Pertanyaan Pribadi
Serangkaian pertanyaan apapun yang anda pikirkan
Kuis Ringan
Serangkaian pertanyaan dengan jawaban benar dan salah yang bertujuan untuk menguji pengetahuan
Polling
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan pendapat
Cerita
Teks Terformat dengan Sematan dan Visual
Daftar
Daftar Klasik
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Buka Daftar
Kirim jawaban Anda sendiri dan pilih jawaban terbaik
Daftar Peringkat
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d blogger menyukai ini: