PERCAYA DESA, DESA BISA Jadi Tema Sewindu UU Desa


PosDesa.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi( Kemendes PDTT) menggelar peringatan Sewindu lahirnya Undang- Undang No 6 Tahun 2014 yang berikutnya diucap UU Desa. Peringatan 8 tahun beleid ini hendak diselenggarakan di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu( 15/ 1/ 2022).

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi serta Pejabat Besar Pratama di area Kemendes PDTT dijadwalkan mendatangi gelaran di Kampung Adat yang terletak di ketinggian 1. 200 M Di Atas Laut( MDPL) itu.

Tema yang diseleksi buat peringatan Sewindu UU Desa merupakan“ Percaya Desa, Desa Bisa”. Pijakan dasarnya sebab memanglah desa itu dapat bila diberikan peluang serta keyakinan.

“ Bila kredo Yakin Desa sebab Desa Dapat ini telah menyebar serta berjalan cocok dengan harapan, hingga percepatan pembangunan desa buat tingkatkan kesejahteraan masyarakat desa hendak kilat terwujud,” kata Menteri Halim Iskandar.

Desa sudah teruji tangguh serta sanggup jadi penyangga ekonomi nasional selama pandemi COVID- 19 dalam kurun 2 tahun terakhir.

” Ketahanan ekonomi desa sepanjang pandemi salah satunya ditunjang dengan terdapatnya dana desa yang dari tahun ke tahun terus bertambah. Dana desa ini jadi penopang utama APBDes,” kata Laki- laki yang akrab disapa Gus Halim ini.

Pada tahun 2014 ataupun saat sebelum terdapat Dana Desa, rata- rata APBDes per desa itu Rp329 juta per desa. Tahun 2015 dikala Dana Desa dikucurkan langsung melesat jadi Rp701 juta per desa.

Tahun 2021, rata- rata APBDes melonjak sampai Rp1, 6 miliyar per desa. Selama pandemi, APBDes masih bertambah dari total Rp117 triliun pada 2019 jadi Rp121 triliun pada 2021.

Tingginya APBDes ini, kata Gus Halim, berakibat pada sebagian zona esensial yang menopang perekonomian nasional. Contohnya, dari zona pemasukan per kapita masyarakat desa terjalin kenaikan walaupun dalam suasana pandemi COVID- 19.

” Pemasukan masyarakat desa senantiasa bertambah dari Rp882. 829 perkapita per bulan jadi Rp971. 445 perkapita per bulan yang ditopang kenaikan pemasukan masyarakat desa ini salah satunya sebab terdapatnya Program Padat Karya Tunai Desa( PKTD) sepanjang pandemi,” kata Gus Halim.

Terdapatnya proyek- proyek di tingkat desa ini, kata Gus Halim, pula membuat pengangguran terbuka di desa jadi terkontrol. Selama pandemi COVID- 19, tingkatan pengangguran terbuka di desa senantiasa rendah, serta cuma naik dari 3, 92 persen jadi 4, 71 persen.

Indeks Ini Ratio 0, 320 pada 2019 jadi 0, 315 pada 2021. Bila dibanding dengan dengan ini ratio di kota yang makin besar dari 0, 393 jadi 0, 401.

Gus Halim melaporkan telah saatnya keyakinan terhadap Desa terus ditingkatkan oleh segala pemangku kepentingan( stake holder) di negara ini. Wajib diakui sepanjang ini banyak pihak yang masih memandang remeh terhadap keahlian stake holder desa dalam menuntaskan permasalahan juga pula para fitur desa itu sendiri.

” Suasana ini tidak dapat terus dibiarkan, terlebih dari tahun ke tahun performa desa dalam mengelola dana desa ataupun program kerja makin bertambah,” kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Gus Halim menegaskan bila informasi desa berbasis SDGs Desa ini sudah rampung, hingga hendak jadi titik tolah percepatan pembangunan desa.

Nantinya, informasi SDGs Desa ini hendak dijadikan selaku instrumen buat memencet kepada seluruh pihak supaya urusan terpaut informasi langsung tanya ke desa. Informasi SDGs Desa hendak jadi pintu masuk buat seluruhnya supaya ditanyakan ke desa.

 

Sumber : kemendesa.go.id

admin
Author: admin


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bingung Bingung
0
Bingung
Sial Sial
0
Sial
Senang Senang
0
Senang
Culun Culun
0
Culun
Benci Benci
0
Benci
Like Like
0
Like
Kaget Kaget
0
Kaget
Mantap Mantap
0
Mantap
lol lol
0
lol
admin

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pilih Format
Pertanyaan Pribadi
Serangkaian pertanyaan apapun yang anda pikirkan
Kuis Ringan
Serangkaian pertanyaan dengan jawaban benar dan salah yang bertujuan untuk menguji pengetahuan
Polling
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan pendapat
Cerita
Teks Terformat dengan Sematan dan Visual
Daftar
Daftar Klasik
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Buka Daftar
Kirim jawaban Anda sendiri dan pilih jawaban terbaik
Daftar Peringkat
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d blogger menyukai ini: